Membuat Lessons di Moodle E-learning A. Pengertian Lesson Lessons merupakan salah satu aktivitas yang ada di moodle ...
Membuat Lessons di Moodle E-learning
A. Pengertian Lesson
Lessons merupakan salah satu aktivitas yang ada di moodle yang berperan sebagai aktivitas penambahan pembelajaran dalam kursus yang telah dibuat pada moodle e-learning,seorang guru dapat menambahkan judul pembelajaran baru dalam satu buah kursus sekaligus dapat membuat sebuah latihan pada tahap akhir pembelajaran melalui aktivitas lessons ini.
Lesson ditujukan agar teacher dapat membuat aktifitas yang berisi konten yang menarik dan fleksibel. Lesson terbagi menjadi beberapa halaman dan diakhir setiap halaman biasanya terdapat pertanyaan yang memiliki beberapa jawaban. Jawaban yang dipilih student akan menentukan halaman mana yang akan diaksesnya.
B. Manfaat Lesson
Manfaat yang ada pada aktivitas lessons ini sudah pasti banyak,bagaimana tidak seorang guru dapat mengajar dengan lebih mudah pastinya,karna pada aktivitas lessons ini guru dapat memasukkan file,video,gambar yang berhubungan dengan judul pembelajaran yang akan di bahas dan sekaligus guru dapat memberikan soal atau latihan,bukan hanya itu pada aktivitas lessons soal yang telah di buat dapat langsung diberikan skor atau penilaian.
Guru dapat langsung memberikan nilai kepada siswa pada aktivitas lessons ini,hal ini membuat pembelajaran lebih efisien dan siswa lebih aktif.guru juga dapat memberikan pembelajaran diluar kelas,maksudnya adalah siswa tidak perlu menjumpai guru secara bertatap muka.
C. Fitur Fitur pada Lesson
1. Umum
Pada fitur general terdapat kolom pengisian nama pembelajaran yang ingin dibuat,kemudian terdapat kolom deskripsi untuk pembelajarannya.Pada kolom deskripsi guru dapat memasukkan link,gambar,file dan lain sebagainya.
2. Tampilan
Pada fitur appearance terdapat sebuah kolom file,guru dapat meletakkan file di dalamnya lalu ada juga progress bar,tampilan skor,tampilan menu sebelah kiri,slide show,jumlah jawaban,feedback dan juga link aktivitas.
3. Ketersediaan
Pada fitur availability guru dapat menabahkan batas waktu pembelajaran yang akan dilaksanakan.dan juga guru dapat menambahkan password pada pembelajaran yang dibuat.
4. kontrol Aliran
Pada fitur flow control terdapat sub fitur yaitu membolehkan siswa meninjau,tampilkan tombol tinjau,jumlah maksimum dari percobaan,aksi setelah jawaban benar,jumlah halaman.
5. Nilai
Pada fitur grade guru dapat memasukkan tipe penilaian yang di inginkan untuk pembelajaran yang dibuat dan dapat memasukkan jumlah maksimum pertanyaan.
6. Pengaturan Modul yang Biasanya
Pada fitur common module settings terdapat sub fitur nomer id,tampilkan modul,group mode.
7. Rastrict access
8. Tags
9. Competencies
D. Langkah-Langkah Membuat Lesson di Moodle
Dalam pembuatan lessons pada moodle hal pertama yang harus ada yaitu kursus,apabila sudah terdapat kursus maka lessons akan mudah di buat.
1. Langkah pertama klik kursus yang akan ditambahkan lesson,seperti pada gambar di bawah klik kursus matematika
2. Apabila kursus telah di klik maka akan muncul jadwal pembelajaran mingguannya seperti gambar dibawah ini, pada halaman ini user masuk sebagai guru(teacher).Setelah itu klik tombol sebelah kanan atas yang bertuliskan hidupkan mode ubah maka tampilan akan berubah seperti gambar di bawah ini yang diberi kolom merah
3. Tahap selanjutnya klik link tambahkan sebuah aktifitas atau sumber daya yang ada di bawah jadwal pembelajaran seperti gambar di bawah
4. Maka akan muncul tampilan fitur-fitur aktivitas yang dibutuhkan seperti pada gambar dibawah ini. Pada halaman ini pilih fitur lesson.
Untuk tampilan lesson lebih jelas seperti gambar dibawah ini
5. Setelah aktivitas dipilih maka nantinya akan muncul halaman fitur umum seperti gambar dibawah ini pada tampilan ini masukkan kolom name dengan nama pembelajaran yang ingin kita terapkan, apabila ingin dideskripsikan maka deskripsikan di kolom description,anda bisa mendeskripsikan dengan gambar,file,link ataupun video.
5.1. pada fitur umum terdapat sub fitur yang apabila di beri ceklist ,introduksi / deskripsi di atas akan ditampilkan di halaman kursus di bawah tautan aktifitas / sumber
6. Tahap menu tampilan pada lesson,guru dapat memasukkan file pada tampilan pada gambar dibawah ini namun perlu diketahui untuk tampilan ini dan seterusnya tidak dijelaskan terlalu rinci namun hanya sekilas saja
6.1. Sub fitur progress bar jika diaktifkan, bar ditampilkan di bagian bawah halaman pelajaran maka akan menunjukkan perkiraan persentase penyelesaian.
6.2. Jika diaktifkan, setiap halaman akan menampilkan poin yang diperoleh oleh siswa dari total yang telah diraih selama pembelajaran di buat.
6.3. Jika diaktifkan, menu akan memungkinkan pengguna untuk menavigasi daftar halaman yang ditampilkan.
6.4. Ini merupakan sub fitur pada fitur tampilan, disini guru dapat memilih minimum grade pada pembelajaran yang telah dibuat.
Pengaturan ini menentukan apakah seorang siswa harus mendapatkan kelas tertentu sebelum melihat menu pelajaran. Hal ini akan memaksa siswa untuk melihat seluruh pelajaran pada upaya kunjungan pertama mereka, kemudian setelah mendapat kelas yang diperlukan mereka dapat menggunakan menu untuk ulasan.
6.5. Jika diaktifkan, pelajaran ditampilkan sebagai slide, dengan lebar dan tinggi yang sama.
6.6. I maximum number of answers juga merupakan sub fitur pada Tampilan Appearance guru dapat memilih batas maksimal jawaban
Pengaturan ini menentukan jumlah maksimum jawaban yang dapat digunakan dalam pelajaran. Jika hanya benar / pertanyaan palsu yang digunakan, dapat diatur untuk 2. Pengaturan dapat berubah sewaktu-waktu, karena hanya mempengaruhi apa yang guru lihat, karena tidak ada data.
6.7. Jika diaktifkan, ketika respon tidak ditemukan untuk pertanyaan tertentu, respon default "Itulah jawaban yang benar" atau "Itu jawaban yang salah" akan ditampilkan.
6.8. Fungsi link ke aktivitasUntuk memberikan link pada akhir pelajaran untuk kegiatan lain dalam kursus, pilih aktivitas dari daftar dropdown.
7. Tahap fitur ketersediaan ,pada tampilan ini guru dapat memasukkan jadwal pembelajaran dan lamanya waktu pembelajaran,namun apabila guru ingin menambahkan password pada pembelajaran maka disini telah disediai kolom password
8. Fitur kontrol aliran
8.1. Jika diaktifkan, siswa dapat menavigasi melalui pelajaran dari awal.
8.2. Jika diaktifkan, ketika pertanyaan dijawab dengan benar, siswa diberikan pilihan untuk mencoba lagi untuk tidak ada kredit poin, atau melanjutkan dengan pelajaran.
8.3. Pengaturan ini menentukan jumlah maksimal yang diperbolehkan untuk setiap pertanyaan. Jika menjawab dengan benar berulang kali, saat maksimum tercapai, maka halaman berikutnya dari pelajaran ditampilkan.
8.4. Setelah menjawab pertanyaan dengan benar, ada 3 pilihan untuk halaman berikut:
• Biasa - Follow path pelajaran
• Tampilkan halaman tak terlihat - Halaman ditampilkan dalam urutan acak tanpa halaman ditampilkan dua kali
• Tampilkan halaman terjawab - Halaman ditampilkan dalam urutan acak, dengan halaman yang berisi pertanyaan yang belum terjawab ditampilkan lagi
8.5. Pengaturan ini menentukan jumlah halaman yang ditampilkan dalam pelajaran. hal ini hanya berlaku untuk pelajaran dengan halaman ditampilkan dalam urutan acak (ketika "action setelah jawaban yang benar" diatur ke "tampilkan halaman tak terlihat" atau "tampilkan halaman terjawab"). jika diatur ke nol, maka semua halaman akan ditampilkan.
9. Tampilan nilai ini merupakan tampilan pengaturan nilai,guru dapat measukkan nilai untuk setiap pertanyaan yang dibuat nantinya
9.1. Pilih jenis gradasi digunakan untuk kegiatan ini. Jika "skala" yang dipilih, maka Anda dapat memilih skala dari dropdown "skala". Jika menggunakan "titik" grading, maka Anda dapat memasukkan nilai maksimum yang tersedia untuk kegiatan ini.
9.2. Berbeda dengan penjelasan di atas apabila anda memilih kolom Nilai dengan Type Scale maka kolom Maximum grade tidak dapat di otak-atik
9.3. Sedangkan apabila anda memilih type Point maka Kolom Scale yang tidak dapat diganggu gugat.
9.4. Pengaturan ini mengontrol kategori yang nantinya kegiatan ini ditempatkan di gradebook.
9.5. Pengaturan ini menentukan nilai minimum yang diperlukan untuk lulus. Nilai yang digunakan dalam kegiatan tentu saja selesai, dan dalam buku nilai, di mana nilai lulus yang diperlihatkan dengan warna hijau dan gagal diberi nilai dengan warna merah.
9.6. Sebuah pelajaran praktek tidak muncul dalam gradebook.kecuali anda memilih “ya”
9.7. Jika diaktifkan, maka setiap jawaban mungkin akan diberi nilai titik numerik (positif atau negatif).
9.8. jika tidak diaktifkan maka siswa hanya dapat mencoba pembelajaran hanya sekali jadi tidak perlu menggunakan nilai rata-rata
9.9. jika diaktifkan, siswa dapat mencoba pelajaran lebih dari sekali.dan dapat menggunakan nilai rata-rata
9.10. Pengaturan ini menentukan jumlah minimum pertanyaan yang akan digunakan untuk menghitung kelas untuk kegiatan tersebut.
10. Tampilan fitur Pengaturan Modul Yang Biasanya, disini guru dapat memilih apakah modul ingin ditampilkan atau tidak
10.1. pada sub fitur nomor ID menyediakan cara untuk mengidentifikasi aktivitas untuk tujuan perhitungan nilai. Jika kegiatan tersebut tidak termasuk dalam perhitungan nilai maka field nomor ID dapat dibiarkan kosong.
Nomor ID juga dapat diatur dalam buku nilai, meskipun hanya dapat diedit pada halaman pengaturan aktifitas.
10.2. Pengaturan group mode ini memiliki 3 pilihan:
• Tidak ada kelompok - Tidak ada sub kelompok, setiap orang adalah bagian dari satu komunitas besar
• kelompok yang terpisah - Setiap anggota kelompok hanya dapat melihat kelompok mereka sendiri, orang lain tidak terlihat
• kelompok terlihat - Setiap anggota kelompok bekerja dalam kelompok mereka sendiri, tetapi juga dapat melihat kelompok lain
Modus kelompok didefinisikan di tingkat lapangan dengan sebutan mode default untuk semua kegiatan dalam kursus tersebut. Setiap kegiatan yang mendukung kelompok juga dapat menentukan modus kelompok sendiri, meskipun jika modus kelompok dipaksa di tingkat lapangan, modus pengaturan kelompok untuk setiap kegiatan diabaikan.
10.3. Group mode adalah kumpulan kelompok dalam kursus. Jika pengelompokan dipilih, siswa ditugaskan untuk bekerja kelompok maka nantinya akan timbul kerjasama dalam kelompok.
10.4. pada mode ini grup hanya dapat bekerja sama dengan anggota kelompok sebuah grp itu saja,grup atau orang lain tidak dapat melihat aktivitas yang dilakukan oleh grup.
11. Tampilan Restrict access
12. Tampilan Tags pada lesson
13. Tampilan Competencies pada lesson
14. Apabila semua telah disetting maka klik button Simpan dan tampilkan pada bagian bawah halaman
15. maka nantinya akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini, pada halaman ini terdapat link button import pertanyaan, tambahkan tabel percabangan, tambahkan kelompok,tambahkan halaman pertanyaan, disini guru dapat mengimport pertanyaan
16. Langkah selanjutnya pilih format file yang ingin di import,apakah dalam bentuk word,gift dan lain sebagainya
17. Dibawah ini merupakan tampilan Tambahkan kelompok
18. Guru juga dapat mengklik Tambahkan Halaman Pertanyaan(Create a question page),pada halaman ini guru dapat memilih dalam bentuk apakah pertanyaan yang ingin dibuat,dalam bentuk essay kah,matching,multichoice,numerical,short answer atau True false disini kami mencontohkan untuk memilih essay
19. Selanjutnya pada page title tulis halaman latihannya atau pertanyaannya,kemuian uraikan pertanyaannya di kolom page contents, pada kolom score yang ada di paling bawah halaman masukkan skor yang di inginkan untuk pertanyaan yang dibuat tadi.
20. Apabila pertanyaan sudah di buat maka nantinya akan muncul lesson yang telah dibuat di halaman student(siswa),seperti pada gambar dibawah ini pada course Matematika terdapat pemberitahuan lesson
21. Lalu ketika siswa mengklik lesson tersebut maka akan muncul halaman pertanyaan yang telah dibuat oleh teacher(guru).lalu student menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh guru tadi
22. Apabila pertanyaan telah dijawab maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini pada beranda student(siswa)
23. Lalu guru dapat melihat siapa yang telah menjawab pertanyaan yang telah dibuat,
24. dan guru dapat mensetting atau mengatur nilai yang ingin diberikan kepada student (siswa)pada halaman ini
25. student juga dapat melihat pembahasan pembelajaran yang telah di inputkan oleh guru tadi pada halaman moodle nya.
26. Selesai
COMMENTS